April 16, 2024
Spread the love

SMANTEB.ID – Apa sih sebenarnya manfaat Pesantren Kilat (Sanlat) atau pesantren Ramadhan untuk anak-anak? Untuk mengetahuinya simak 3 poin berikut ini :

  • Mengamalkan Ajaran Islam dalam Kehidupan Sehari-Hari

Salah satu manfaat dari sanlat adalah anak-anak diajarkan untuk bisa menerapkan dan mengamalkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Ini sangat bermanfaat, agar anak mampu untuk menghadapi hal-hal negatif dari lingkungan sekitar. Satu hal yang mengkhawatirkan banyak orang tua, di mana lingkungan tumbuh kembang anak sekarang cenderung kurang baik atau kurang sehat bagi jiwa mereka.

  • Meningkatkan Pemahaman tentang Ajaran Agama Islam

Manfaat lain dari mengikutsertakan anak dalam kegiatan pesantren kilat adalah memantapkan pemahaman anak tentang ajaran Agama Islam. Sehingga diharapkan sang anak akan memupuk rasa Cinta kepada Allah Subhanahu Wa’Taala dan Rasulullah sejak dini. Dengan memupuk rasa cinta terhadap Sang Pencipta, anak-anak senantiasa akan berbuat sesuai dengan ajaran agama dan menjauhi hal yang sudah dilarang.

 

  • Memperbaiki Ibadah dan Akhlak

Penanaman akan pentingnya Ibadah dan perbaikan akhlak harus dipupuk sejak dini, karena ini akan sangat memberi pengaruh terhadap kehidupan anak hingga ia besar nanti. Diharapkan anak dapat terus meningkatkan ibadah dan menunjukkan akhlak yang mulia untuk orang-orang di sekitar.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat sanlat untuk anak-anak. Kegiatan sanlat pun tidak harus dilakukan di sekolah. Sekarang sudah banyak lembaga-lembaga yang menyediakan program sanlat KHUSUS anak selama bulan Ramadhan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.