OSIS Bakal Di LDKS, Tau Apa Itu LDKS

Spread the love

 

 

SMANTEB.ID – Usai melakukan pemilihan ketua OSIS SMAN 1 Tebing-Tinggi bakal melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) untuk memberikan bekal kepada para anggota OSIS.

Apa itu LDKS OSIS? LDKS adalah singkatan Latihan Kepemimpinan Dasar Siswa yang dilaksanakan untuk tingkat SMP maupun SMA. LKDS ini wajib diikuti oleh semua calon pengurus OSIS yang baru sebelum mereka bekerja dalam kepengurusan Organisasi Intra Sekolah tersebut. LDKS menjadi syarat wajib bagi siswa yang akan masuk sebagai pengurus OSIS di sekolah.

LDKS dilaksanakan setiap tahun sekali saat masa kepengurusan OSIS akan berganti. Pengurus OSIS di sekolah memiliki masa bakti selama 1 tahun ajaran dan ketika masa kepengurusan berakhir maka akan dipilih yang baru. Nah, siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS tersebut harus lebih dulu mengikuti kegiatan dalam LDKS sebelum bekerja sesuai tugasnya dalam struktur organisasi.

LDKS diselenggarakan oleh pihak sekolah selama biasanya selama 2 hari dengan berbagai materi yang diberikan kepada siswa yang mengikutinya. Mengacu pada namanya latihan kepemimpinan dasar maka kegiatan LDKS tentu saja tidak jauh dari bagaimana cara membentuk karakter tersebut kepada siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS.

Jadi secara garis besar pengertian dari LDKS adalah sebuah kegiatan yang dimana siswa akan diberikan pelatihan dasar mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kepemimpinan. Melalui pelatihan dasar tentang kepemimpinan tersebut diharapkan siswa pengurus OSIS mampu memberikan kontribusi terbaik kepada keluarga, masyarakat dan lingkungan sosial di sekitarnya.

LDKS diberikan agar semua pengurus OSIS yang baru nantinya bisa mengerti dan memahami apa yang menjadi tugasnya sehingga akan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan LDKS dilaksanakan dengan bimbingan dari instruktur dan menggunakan berbagai metode pelatihan seperti games, outbond dan sebagainya.

Kenapa Harus Mengikuti LDKS? Mungkin ini menjadi pertanyaan bagi calon Anggota OSIS khususnya dan bagi siswa pada umumnya.

LDKS wajib diikuti oleh semua pengurus OSIS yang baru terpilih. Mengapa pelatihan dasar tersebut harus diikuti tidak bisa dilepaskan dari pengertian dari LDKS itu sendiri. Kalau kamu sudah tahu dan paham apa itu LDKS OSIS maka otomatis akan mengerti mengapa kegiatan tersebut sifatnya wajib.

Semua pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDKS karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat. Tujuan LDKS tersebut yaitu antara lain sebagai berikut :

 

Menciptakan karakter siswa untuk menjadi lebih mandiri serta memiliki jiwa kepemimpinan.

Menumbuhkan jiwa yang kooperatif kepada siswa agar mampu bekerja sama dengan sesama pengurus OSIS nantinya dan seluruh anggota sekolah seperti guru dan seluruh siswa.

Melatih kemampuan komunikasi yang baik kepada para siswa calon pengurus OSIS.

Memberikan dan meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan pada para siswa.

Mengajarkan dan membekali para calon pengurus OSIS tentang teknik bagaimana menyusun laporan dan juga program kerja di sekolah.

Memberikan pengenalan mengenai wawasan kebangsaan kepada para siswa.

Mengasah kemampuan siswa untuk berani bicara di depan orang banyak.

Mengasah kemampuan para calon pengurus OSIS untuk bisa mengambil keputusan terbaik untuk kepentingan sekolah.

Membekali dan meningkatkan kemampuan berorganisasi kepada para siswa.

Memberikan dasar ilmu manajemen kepada siswa agar bisa mengatur waktu dengan baik dan menyeimbangkan kegiatan sebagai siswa dan pengurus OSI.

Menumbuhkan jiwa kebersamaan atau korsa yang kuat di dalam diri para siswa di sekolah.

Membantu sekolah untuk menemukan inovasi terbaik bagi pengembangan pendidikan.

Setelah mengetahui apa itu LDKS OSIS diharapkan kamu bisa lebih siap menjadi seorang pengurus organisasi siswa tersebut. Semua materi yang diberikan dalam pelatihan dasar tersebut bisa menjadi bekal yang baik bagi masa depan kamu. Asah jiwa kepemimpinan kamu dengan menjadi pengurus OSIS SMAN 1 Tebing-Tinggi

Latihan ini direncanakan bakal dilaksanakan dibulan November mendatang. Nantinya para anggota OSIS bakal diberikan materi-materi oleh dewan guru, serta dari pihak yang memang diperlukan untuk bekal para anggota OSIS dalam bertugas kedepannya.

Disini juga para pengurus OSIS lama bakalan sharing kepada calon Pengurus OSIS baru, mengenai masa bakti mereka dahulu sehingga didapatkan gambaran pengalaman.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *