July 25, 2024
Spread the love

SMANTEB.ID – Jurnalistik, kegiatan tersebut sebagai tahapan lanjutan dan pelatihan bagi Jurnalis siswa. Pelatihan Jurnalistik Dasar itu digelar oleh Tim Pembimbing Ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Tebing Tinggi.

“Hari ini kami akan mempelajari tentang susunan membuat berita menggunakan 5W +1 H dengan baik dan benar serta memberi penjelasan manfaat jurnalis bagi siswa,” cetus Bang Syahrin, pelatih Ekstrakurikuler Jurnalistik.

Admin Web SMAN 1 Tebing Tinggi, itu juga mengatakan “Selain dapat menyalurkan bakat minat, tetapi ekskul di sekolah juga harus mampu memberikan life skill (kecakapan hidup) kepada siswa setelah selesai mengikuti kegiatan tersebut,” ujarnya.

“ Para siswa diberi kegiatan positif salah satunya ekskul ini dapat menjadi bekal ilmu setelah lulus dari sini ke jenjang selanjutnya. Diantara ekskul yang dapat menyalurkan bakat minat sekaligus memberikan life skill adalah jurnalistik,” tambahnya.

“Di samping mengajari menulis, ekskul jurnalistik melatih anak tampil lebih berani. Karena diantara materi jurnalistik adalah hunting (memburu) berita. Dalam mencari berita, anak harus berani wawancara dengan narasumber dari berbagai profesi”. Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.