June 14, 2024
Spread the love

 

SMANTEB- SMAN 1 Tebing-Tinggi, ikutkan siswanya dilam lomba parade tari khas Kalimantan, se-Kabupaten Balangan,  Senin (31/08/2020).

Lomba di laksanakan di, Gedung olahraga Sanggam, Paringin Kota  dekat Bundaran Paringin. lomba tersebut di adakan Kodim 1001/Amuntai-Balangan.

Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, Dandim Kodim 1001/ Amuntai-Balangan dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Komsos ini merupakan program pembinaan TNI-AD yang bertujuan untuk menyiapkam ketahanan, kekuatan dan pendukung dalam berkerja sama untuk membangun wilayah khususnya di Kabupaten Balangan.

” Penggelaran tari khas Kalimantan ini bertujuan untuk membentuk sikap kreaktif, inovatif dan adaptif,” Ujar Dandim 1001/Amuntai-Balangan.

Sambungnya, Letkol Ali Ahmad Satriyadi mengatakan, parade tari khas Kalimantan  tetap menggunakan Protokol kesehatan Covid 19. Sebagaimana penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak .

Untuk pemenang pada pergelaran tari khas Kalimantan ini, akan di ikut sertakan di tingkat Provinsi. Semoga kegiatan ini tetap bermakna dan tidak mengurangi nilai sosial budaya yang terkandung dalam sebuah tarian, meski harus menerapkan protokol kesehatan Covid 19.

Lia Wati salah satu siswa SMAN 1 Tebing-Tinggi, ia mengaku senang kegiatan ini.

“Saya sangat senang dengan kegiatan ini, selain bisa menambah pengalaman, kami juga dapat teman baru di sana,” ungkapnya.

Lia wati sendiri memang, sering  ikut tampil menari, seperti 17 Agustus, tampil di sekolahan dan lain lain, dan bahkan beberapa kali ikut lomba dari, sepeti lomba FLS2N.

Dalam kegiatan ini lai dan kawan Tarian batutungkal yang mana  tarian khas dayak yang di bawakan enam penari.

Batutungal itu sama seperti babalian ketika aruh adat dayak,” ungkap Lia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.